Tuesday, 16 February 2016

BEST UPRAK EVER!!! HAHA

yeeeehhh!
oke perkenalan dulu ahhh, nama gua Tamara anak yang sekarang berada di kelas 3, gua anak kelas 12 ipa dua. berdasarkan judulnya tentu tau lah ya, kalo ini mau bahas apa??


jadi gini gua mau cerita tentang pengalaman pertama ujian praktek di lab, dan ujian praktek inilah baru pertama kali nya pake jas lab. jadi waktu hari pertama uprak fisika yaampun ternyata anak Ipa itu keren juga yaa, make jas putih terus jalan rame rame pegangin papan, persis kayak anak-anak koas yang suka di drama korea, bersinar hahahah :D

Bukan ini sih yang mau ditulis untuk diceritakan, tapi tentang uprak di hari ini.
jadi hari ini itu adalah uprak kimia sama bahasa indonesia.
menerut gosip yang beredar dikalangan semua anak kelas 3 di sekolah gua sendiri, ini merupakan momok yang teramat keramat. bukan hanya sekedar gosip, gua juga telah melakukan survei secara langsung kepada setiap kelas yang telah menyelesaikan uprak kimia ini. dari setiap anak yang keluar dari lab kimia selalu ada semple yang gua ajukan pertanyaan, tapi sebelum gua bertanya muka mereka itu semua nya memiliki kesamaan, yaitu semua nya terlihat kacau,kusut,pening.

ini adalah sempel sempel pertanyaan yang gua ajukan kepada ke-3 kelas yang telah melakukan uji coba dan bayangkan beberapa sempel jawaban mereka dalam kedaan muka kusut:
*praktek kimia 1 yang dilakukan ipa 4*

"hey les, gimana ujian praktek nya?" (gua)
"aduh.. sumpah susahhh banget anak anak lain aja belum ada yang kelar-kelar, untung saya dapet reaksi spontan tidak spontan"
"emang yang lainnya gimana? susah banget banget ya?" (gua)
"iya susah banget, kita harus cari bahan sendiri, reaksiin sendiri, disana gak ada tujuan cuma ada judul nya aja, terus nanti nentuiin turunan rumus sendiri cari rumus sendiri juga...dan blablabla..."

ya itu baru dari salah satu kelas.

*praktek kimia 2 yang dilakukan ipa 5*
"nis, praktek kimia gimanaa?"
"ummm manteppp, mantepp banget! (majas ironi +eksperesi terjajah)"
(kebetulan ada anak lainnya)
"praktek kimiaaa, saya dari awal kebingungan dimenit menit terakhir saya baru dibantuiin guru nya, kalo ada larutan yang ketinggalan buat dilakuiin percobaan"

ya itu sampel kedua, disampel ke dua tadi. ke khawatiran gua bertambah.
bayangkan, ternyata bener guru nya gak ngajarin apa yang harus dimasukkan!! mana terdengar kabar lagi anak ipa 5 ada 2 anak yang gak bisa gua sebutkan namanya itu (bukan 2 orang diatas yaa ini) katanya nyampe waktu abis gak bisa ngisi apa-apa dong -_-

sebelum masuk ke sempel terakhir, gua ingin balik ke hari kamarin.
jadi hari kemarin itu, gua gak ada uprak apapun, bener-bener free. niat nya gua uda gak mau masuk sekoalh, dan uda hampir nulis surat izin, eh tapi semua nya dipupuskan oleh kata kata papa
"hey, ati-ati kalo aja ujian prakteknya dimajuiin, mau jawab apa kamu kalo ditanyaiin guru?"
(seketika gua langsung kemabli berfikir) "kalo uprak dimajuiin, itu artinya hari ini uprak kimia sama bahasa indonesia,mana mampu menghadap itu sendirian terpisah"
oke jadi gua memutuskan untuk pergi kesekolah, dan bener aja ternyata nganggur disana, untung gua telah mempersiapkan diri untuk membawa segala peralatan untuk belajar, mulai dari nb,jas lab,buku kimia, modem headset dan seperangkat pertanyaan yang akan gua ajukan mengenai uprak kimia kepada kelas sebelah.
hari itu gua bersama anak sekelas pulang jam 10 karna diusur guru kesenian buat dipake uprak ipa 1.

karena hari terlalu pagi jadi kita sekelas main kerumah repo, dengan cara pemaksaan.
karena ini dadakan jadi kita makan aja, sampe orang rumahnya itu goreng tekwan yang jadi seolah empek empek tanpa cuka.
pulang itu jam 1-an, dan dijalan pulang papasan sama herliana anak ipa 3 yang hari itu uprak kimia. ahh bayangin mereka baru pulang jam segituuu.

jadi malemnya gua beretekat mengahbaiskan malam dengan membuka semua file yang telah gua download, buka youtube dan bukuu, tapi kekuatan mata gua cuma berlangsung sampai jam 10 malem, gua ketiduran jam setengah 4 pagi gua kebangun dengan notbuk masih nyala dan buku masih berantakan disisi tempat tidur, gua liat jam dinotbuk menunjukan 21:54. karna aneh jadi gua keluar buat liat jam dinding yang ternyata masih sangat cukup buat belajar. ya pokonya gua berjuang demi kelangsungan kimia.

pagi nya ketika gua memasuki kelas, semua anak anak uda siap sama buku nya masing masing.
setelah buka buka bentar, gua melepir ke ipa 3 untuk proyek wawancara.

"hey hey praktek kimia kemaren gimana aja?"
karna anak anak ipa 3 lagi kumpul kumpul, berbagai jawaban mencuat sana sini
"ummm jangan sampe deh kamu dapet titrasi,hidrolisis, (dan apa yaa gua lupa) soalnya kemaren ada yang ngerjaiin titrasi sampe ngulang 2x"
"tam tam, tenang ajaa enak kok kalian bisa buka buku,boleh searching google juga,bisa tanya tanya kawan pula"
"ya allah tam, saya kemaren larutan hcl kan gak ada, terus saya tanya guru nya, kata nya suruh bikin larutan sendirii, makanya saya tanya sama pangesti sama madya -__-"
"ya allah segitu nya,udah kayak obat ngeracik larutan sendiri -_-" (gua)
"iya itu masih mending, lah gua disuruh bikin Fe lah lah kek mana coba? benda padet kayak gitu, untung larutan ph guru nya yang mau bikinin -_-"
hahahaha {ketawa puas+miris} (gua)
"udalah tam tenang aja, bisa buka buku"
"yaudahh bener kan ini?  tanya gua sambil minjem kalkulator kesalah satu dari mereka.


bel pun berbunyi, waktu berada tepat didepan lab kimia. sebelum melakukan percobaan, reaksi kimia udah duluan menyerang diri gua menyebabkan terjadinya perubahan entalpi disana, reaksi endoterm telah merasuk disekujur tubuh haha
gua merasakan dinginnn sekali, jantung gua deg deg-an dan rasanya itu lebih parah dari ketemu orang yang lo sukaiin, nervous ini juga menjalar keseluruh anak anak lainnya. dan entah kenapa tiap kali gua gugup gua malah merasakan mual, jadi ditubuh gua merasakan ketidak baikan mulai dari percampuran mual pengen muntah, nervous sampe gejala endoterm itu sendiri.
sebelum mengambil undian pertama, kita sekelas melakukan ritual bersama yaitu doa bersama, ya persis kayak orang yang mau ikutan pertandingan yang mempertahankan kemerdekaan.

waktu gua mengambil nomor undian gua dapet nomor 4, entah bisa enggak ini awalnya.
mana eh setelah duduk di tempat masing-masing, seluruh anak anak mulai buka buku masing2, dan seketika suara bu sri memecah kesibukan "heyy heyyy kok malah buka buku, gak ada yang nyuruh buka buku.tutup tutup semua"

jantung gua berhenti sejenak mendengar peryataan itu semua, tapi meski begituuu semua bisa dijalani. semua yang kata orang menyeramkan itu gak segitu nya waktu dijalani, ada sedikit kendala si, tapi ya normal lah.

dan uprak bahasa indonesia juga hari ini alhamdullah sukses, walau tadi nya sempet khawatir saat tinggal beberapa anak yang belum kelar dan guru sambil koreksi, guru nya bilang "wah saya puas ngoreksi kayak gini, cepet, hasilnya juga bagus, tapi entah selanjutnya yang lain gimana ini"
disini hati gua makin gugup liat anak anak uda banyak yang kelar dan guru puas, apalagi tinggal 5 orang anak yang belum dan sampe akhirnya yang tersisa tinggal gua dan inak.

saat semua kelar, ada satu lalu dua lalu tiga yang dinyatakan remedial, aduhh gua yang kebetulan duduk sama inak makin tegang aja, anak lainnya juga gitu, mereka semua itu nungguin hasil berasa nungguin pengumuman juara perlombaan, tegangg banget.
sampe akhirnya bu budi bilang "yaa yang saya bacakan nama nya remedial ya, umm blasius aji, horison dan marlinda" serempakk seluruh anak kelas jerit jerit kegirangan, gak terkecuali gua sama inak kami pelukan saling mengucapkan selamat dan saling heboh gak percayaaa" yaa pokoknya mulai deh kelas rame,eh tapi kasian marlinda dia remedial, dia bingsal banget duduk sama japat karna dari mulai ulangan sampe uprak dia selalu kalah dari japat -___-

dan penutupan pun ditutup dengan kepuasaan bu budi terhadap kelas kita karna kelas lain katanya nilainya banyak yang remidi dan gak cuma bu budi anak anak sekelas juga puassss. :D

so see you!!
sampai ketemu dilain cerita dan dilain waktu, dan semoga uprak besoknya semakin dilancarkan.aamiin.
oh iya, ada 1 uprak teribet yaitu uprak seni, dimana dalam kurun waktu bebeerapa jam kami harus nampilin tari,gambar dari buah nyata,hapalan kunci/not angka +main alatmusik lagu tanoh lado, hapalan puisi, tapi alhamdulillah guru nya enak.

uhh, akhirnya uprak di lab kelar. mungkin ini juga disebab-in dari doa yang dilakuin bareng-bareng yaa :D



 bye bye bye!!

0 comments:

Post a Comment